Saturday, 07-09-2024
  • "SELAMAT DATANG SISWA-SISWI BARU SMA NEGERI 1 MEDAN, SELAMAT MENGIKUTI MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU TP 2024/2025, SEMOGA SUKSES SELALU ! "

Cara Menggunakan ChatGPT di Laptop dengan Mudah dan Manfaatnya

Diterbitkan :

ChatGPT adalah machine learning dengan kecerdasan buatan atau AI yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI asal Amerika Serikat. Penggunaan ChatGPT bisa diakses lewat ponsel atau laptop. Cara menggunakan ChatGPT di laptop untuk pengguna baru perlu diperhatikan, terutama bagi yang masih awam dengan platform AI. Sejak dirilis 2022, kehadiran ChatGPT banyak dibicarakan orang karena kemampuannya dalam menjawab pertanyaan pengguna serta menyusun kalimat yang dinilai akurat. Meski begitu, ChatGPT tidak sepenuhnya sempurna karena masih mempunyai keterbatasan sehingga memungkinkan menghasilkan informasi yang kurang tepat Walau dinilai bisa memudahkan kerja manusia, kita sebagai penggunanya tetap harus teliti sebab jawaban ChatGPT didasarkan pada data input manusia sebelumnya. Dengan kata lain, kredibilitas dan keabsahan jawabannya jadi tidak selalu bisa diandalkan sepenuhnya.

Manfaat ChatGPT
ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai tugas. Pengguna dapat memodifikasi prompt-nya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ChatGPT.

1. Membuat artikel SEO
Chatbot ini dapat digunakan untuk mencari ide konten, membuat outline artikel, dan membuat teks paragraf untuk artikel SEO.

2. Melakukan coding
ChatGPT juga bisa melakukan coding dan memberikan penjelasan di setiap langkahnya hanya dalam beberapa detik. Selain menulis kode, ChatGPT juga bisa menerjemahkan kode bahasa pemrograman lainnya.

3. Membuat cover letter
ChatGPT bisa membantu menulis cover letter dengan instan. Sebelumnya, perkenalkan diri Anda terlebih dahulu seperti sedang melakukan wawancara kerja.

4. Menyusun rencana latihan olahraga
ChatGPT juga bisa digunakan untuk menyusun rencana latihan olahraga. Chatbot ini akan menanyakan detail tentang Anda seperti berat dan tinggi badan, alergi, hingga kondisi medis.

5. Membuat strategi marketing
ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi marketing dengan membuat prompt berisi budget, jenis bisnis, target, dan detail lainnya.

6. Meringkas teks
meringkas teks seperti artikel atau jurnal penelitian dapat dilakukan oleh ChatGPT. Cukup berikan teks yang ingin diringkas dan informasikan detail yang ingin dimasukkan dalam ringkasan.

Cara Menggunakan ChatGPT di Laptop
Setelan bahasa utama yang didukung ChatGPT adalah bahasa Inggris. Akan tetapi chatbot AI ini mendukung 94 bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia, Jawa, Perancis, Rusia, Italia, Arab, hingga Portugis.

Apabila penasaran ingin mencoba, berikut cara menggunakan ChatGPT di laptop dengan mudah menggunakan bahasa Indonesia.

Buka browser di laptop pengguna

  1. Masuk ke website https://chat.openai.com/Login akun OpenAI atau bisa mendaftar menggunakan akun Google (akun Gmail).
  2. Setelah berhasil login, silakan masukkan kalimat pertanyaan atau perintah pada kolom percakapan yang tersedia menggunakan bahasa Indonesia.
  3. Selanjutnya, kirim input tersebut dan ChatGPT bakal memberikan jawabannya.
  4. Pengguna bisa mendapatkan tanggapan yang berbeda dari ChatGPT dengan mengetuk opsi “Try Again”.
  5. Apabila jawaban yang diberikan ChatGPT memuaskan, pengguna bisa memberikan masukkan dengan klik ikon jempol ke atas untuk suka dan jempol ke bawah untuk tidak suka.
  6. Pengguna ChatGPT yang ingin kembali menggunakan pengaturan bahasa Inggris, bisa membuka menu New Chat di tab baru dan masukkan kalimat pertanyaan atau perintah (prompt) dalam bahasa Inggris.
  7. Hasilnya, semua jawaban yang ditampilkan ChatGPT akan otomatis memakai setelan bahasa Inggris.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Penulis : admin

Tulisan Lainnya